Windows 98 dan 98 SE


Salam hangat probers semua, senang bisa berbagi informasi lagi. Kemarin kita telah mengetahui mengenai Windows 95, sekarang kita akan membahas mengenai Windows 98.

Pada tanggal 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal dengan Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam sistem operasi Windows 98 ini pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.
Windows 98 mengundang kontroversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web. Hal ini membuka kasus baru, yang disebut sebagai Amerika Serikat versus Microsoft, yang menanyakan mengapa Microsoft repot-repot menjaga dominasinya di dalam sistem operasi komputer pribadi untuk berkompetisi dengan para pesaingnya seperti Netscape dan IBM dengan cara yang tidak jujur.
Pada tahun 1999, Microsoft merilis Windows 98 Second Edition (Microsoft 98 SE), sebuah sistem operasi yang dirilis dan menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Internet Connection Sharing, yang merupakan sebuah bentuk dari Network Address Translation, yang mengizinkan beberapa mesin di dalam sebuah jaringan lokal agar dapat menggunakan satu buah jalur koneksi Internet bersama-sama pun diperkenalkan pada versi ini. Banyak masalah minor di dalam Windows yang lama telah dikoreksi, yang menjadikan Windows 98 menurut banyak orang sebagai sebuah versi Windows 9x yang paling stabil di antara semua versi Windows 9x lainnya.


Windows 98 yakni kode bernama “Memphis” selama pengembangan dan, pada satu titik, yang disebut “Windows 97″ berdasarkan suatu jadwal produksi sebelumnya. Windows 98 Microsoft menyatakan keyakinannya bahwa pengguna inginkan dan harus memiliki pandangan global sumber daya potensi mereka dan bahwa teknologi Web harus menjadi bagian penting dari user interface. Meskipun bangunan browser web Microsoft sendiri ke pengguna desktop adalah salah satu masalah menentukan setelan antitrust Departemen Kehakiman AS terhadap Microsoft pada 1990-an, Windows 98 dirilis sebagai direncanakan dengan browser terintegrasi.

Windows 98 adalah pengembangan dalam produk-instal Microsoft evolusi dari sistem operasi Windows untuk komputer pribadi. Windows 98 awalnya memiliki kode nama “Memphis” selama perkembangannya dan setelah itu dinamakan “Windows 97″ berdasarkan jadwal produksi yang lebih awal. Windows 98 Microsoft menyatakan bahwa  pengguna dan harus global mereka melihat potensi sumber daya dan teknologi Web yang  merupakan bagian penting dari pengguna. Windows 98 juga menyediakan 32-bit file alokasi  tabel (FAT) yang memungkinkan pengguna untuk memiliki satu-partisi disk drive yang  lebih besar dari 2 Gbytes. Fitur-fitur lainnya pada Windows 98 meliputi:

Universal Serial Bus (USB), yang membuatnya mudah untuk menyambungkan perangkat baru .

Digital versatile Disc (DVD).

Industri-standar baru berupa daya manajemen disebut Advanced Konfigurasi dan  Power Interface (ACPI) Windows 98 telah diikuti oleh Windows 2000, sebuah  evolusi dari sistem operasi Windows yang dirancang untuk penggunaan pribadi  atau profesional.

Windows 98 direlease sebagai sebuah upgrade terhadap Windows 95. Windows 98 memiliki kesamaan antar muka (interface) dan fitur dari Windows 95, tetapi juga menyertakan update berikut ini:

32-bit allocation system (FAT32) yang tidak hanya mengijinkan drive hard disk lebih besar dari 2GB, tetapi juga penggunaan disk space yang lebih efisien, mengijinkan file untuk di-load lebih cepat dan mengambil tempat yang lebih sedikit; FAT32 dapat membaca drive hard disk sebesar 2TB (2000GB)
Dukungan untuk peripheral Universal Serial Bus (USB)
Dukungan untuk WebTV (sejak saat itu berubah menjadi MSN TV)
Dukungan untuk lebih dari satu monitor
Microsoft Web Server
Microsoft Task Scheduler
Beberapa fitur ini juga tersedia dalam versi Windows terbaru (dikenal dengan OSR2) yang telah didistribusikan dengan PC baru pada tahun 1998. OSR2 tidak pernah tersedia untuk penjualan ritel.

Pada 1999, Microsoft merelease Windows 98SE (Second Edition), yang meningkatkan Windows dan juga ditambahkan fitur sebagai berikut:

Dukungan untuk DVD-ROM
Internet Connection Sharing (ICS)
Meningkatkan waktu startup untuk program
Meningkatkan dukungan USB

Windows 98 SE

Termasuk fitur tambahan sama dengan Windows 98, namun, termasuk perbaikan tambahan dan semua Tahun 2000 patch sudah termasuk dalam Windows 98 Second Edition. Di bawah ini adalah daftar berbagai fitur-fitur baru Windows 98 SE termasuk.


Update – Termasuk semua update terbaru seperti Tahun 2000 update, dukungan USB, dan banyak lagi.

Dalam Software – Diperbarui versi Internet Explorer, Outlook Express, Windows Media Player, DirectX, NetMeeting dan banyak lagi.

Dalam Driver / Dukungan – Dukungan tambahan untuk teknologi terbaru seperti MMX, USB, Intel Pentium III dan banyak lagi.

Perbedaan Windows 98 dan Windows 98 SE

Windows 98
Windows98 SE
Dirilis 1998Komputer: IBM 100% kompatibel
Komputer: IBM 100% kompatibelProcessor: 486DX/66 MHz atau prosesor Tinggi
Processor: 486DX/66 MHz atau prosesor TinggiMemori: 24 MB RAM
Memori: 16 MB RAMDrive: Sekitar 205MB; dapat berlangsung hingga 315MB
Drive: Sekitar 195MB; dapat berlangsung hingga 295MBCD-ROM / DVD
CD-ROM atau FloppySound: Standar Sound card untuk kemampuan suara.
Sound: Standar Sound card untuk kemampuan suara.Video: VGA atau resolusi yang lebih tinggi
Video: VGA atau resolusi yang lebih tinggiKontrol: 100% kompatibel Microsoft keyboard / Mouse
Kontrol: 100% kompatibel Microsoft keyboard / Mousesistem operasi: Windows 3.x, 3.1x atau Windows 95 untuk meng-upgrade
sistem operasi: Windows 3.x, 3.1x atau Windows 95 untuk meng-upgradeDirectX: DirectX 6.0 Termasuk
DirectX: DirectX 5.0 TermasukLain-lain:
Lain-lain:Harga: $ 100.00 – $ 200,00
Harga: $ 80.00 – $ 100,00


Singkatnya, Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 yang pertama merupakan windows yang sangat buruk. Lemot, sering crash dan berbagai masalah lainnya. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat, dan tidak lagi crash ( malah merupakan windows paling stabil yang pernah ada ) dengan rilis nya Windows 98SE pada tahun 1999.

Sekian untuk pembahasan mengenai Windows 98, semoga bisa membuka gerbang wawasan kita lebih lebar lagi, Amin.
SHARE

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. masih mencintai windows 98 dan tetap menggunakan windows 98

    ReplyDelete